Pola bilangan kelas VIII A

Fase                      : D

Kelas                     : VIII A

Tanggal                : 14 Juli 2025

Materi                  : Mengenal Pola bilangan

Pertemuan          : 1 dari 5 pertemuan

Guru Mapel        : Nadia Eka Putri, S.Pd

Waktu Pembelajaran   :  3 x 40 menit

Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu:

  1. Mengidentifikasi dan menganalisis pola bilangan dalam bentuk barisan atau gambar (misalnya: segitiga Pascal, persegi, segitiga).

  2. Menyusun aturan atau rumus suku ke-n dari suatu pola bilangan.

  3. Menggunakan pola bilangan untuk membuat generalisasi dan memecahkan masalah kontekstual.

Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap 

1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME 

2. Bergotong Royong 

3. Kreatif 

Assalamualaikum wr.wb anak-anak soleh soleha ibu. Gimana kabarnya nak? insha allah semuanya dalam keadaan sehat semuanyaa dan terus semangat belajar matematika pada hari ini ya!

Puji Syukur kita curahkan kepada allah yang maha kuasa, yang mana pada hari ini kita dapat bertemu di awal masuk sekolah sebagai siswa siswi baru, dalam keadaan baik, atas segala nikmat yang telah allah berikan kepada kita semua ayo sama sama kita mengucapkan syukur alhamdulillahirobilalamin. Ibu harap semoga dipertemuan kita kali ini dapat memberikan kesan yang baik, senang belajar matematika, dan semangat selalu ya nak. 

Hari ini kita akan masuk materi pertama yaitu pola bilangan. Oh iya, pernah ga si anak anak ibu memperhatikan ubin lantai masjid yang teratur? Atau motif batik di baju tradisional yang berulang-ulang? Bagaimana dengan lagu yang punya nada berulang? Atau jumlah kursi di stadion yang tersusun rapi dan bertingkat? Semua itu bukan kebetulan loh. Itu adalah pola. 

Pola adalah bagian dari hidup. Tanpa pola, kita tidak bisa memprediksi. Tanpa prediksi, kita tidak bisa mengambil keputusan.

Dalam matematika, pola yang terlihat acak bisa ditelusuri aturannya. Kita belajar mengenali, memahami, dan menyimpulkannya. Hari ini, kamu akan dilatih bukan hanya untuk menemukan rumus, tapi juga untuk melihat keteraturan di tengah kekacauan, dan menghubungkan logika dengan kenyataan.

“Matematika bukan hanya soal hitung-hitungan, tapi tentang bagaimana kamu melihat dunia dengan pola berpikir yang tajam dan teratur.”

Maka dari itu tujuan kita mempelajari pola bilangan adalah sebagai berikut: 

  1. Mengidentifikasi berbagai jenis pola bilangan yang umum digunakan dalam kehidupan.

  2. Menyatakan pola dalam bentuk verbal dan simbolik.

  3. Menyusun rumus umum dari suatu pola bilangan.

  4. Menentukan suku ke-n dari pola bilangan.

  5. Menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan pola bilangan.


MATERI: POLA BILANGAN

A. Pengertian Pola Bilangan

Pola bilangan adalah urutan angka yang mengikuti aturan tertentu. Pola bisa bersifat tetap (konstan), meningkat, menurun, atau berubah berdasarkan operasi matematika tertentu.

B. Jenis Pola Bilangan (Tanpa Aritmetika & Geometri)

  1. Pola Bilangan Ganjil
    Contoh: 1, 3, 5, 7, 9, ...
    Ciri: Selisih antar suku tetap = 2
    Rumus suku ke-n: Un = 2n - 1

  2. Pola Bilangan Genap
    Contoh: 2, 4, 6, 8, 10, ...
    Rumus suku ke-n: Un = 2n

  3. Pola Bilangan Persegi (Kuadrat)
    Contoh: 1, 4, 9, 16, 25, ...
    Rumus: Un = n²

  4. Pola Bilangan Segitiga
    Contoh: 1, 3, 6, 10, 15, 21, ...
    Rumus: Un = n(n+1)/2

  5. Pola Khusus/Konstektual
    Misalnya: Jumlah kursi di baris panggung, susunan batu bata, tanaman bertingkat
    Pola-pola ini seringkali ditemukan dalam masalah kehidupan nyata, bukan hanya angka.

C. Cara Menentukan Rumus Pola

Langkah-langkah:

  1. Amati susunan angka

  2. Hitung selisih antar suku

  3. Uji dengan beberapa nilai n

  4. Cocokkan dengan bentuk umum atau rumus suku ke-n


CONTOH SOAL:

Contoh 1
Diketahui pola bilangan: 1, 3, 5, 7, 9, ...
Tentukan suku ke-20!

Penyelesaian:

  • Pola ganjil → Un = 2n - 1

  • U20 = 2 × 20 - 1 = 39


📝 LATIHAN SOAL

  1. Tentukan suku ke-12 dari pola: 2, 4, 6, 8, ...

  2. Diketahui pola: 1, 4, 9, 16, ...
    a. Tentukan rumus suku ke-n
    b. Tentukan suku ke-8

  3. Berapakah suku ke-7 dari pola segitiga: 1, 3, 6, 10, 15, ...

  4. Diberikan pola bilangan: 5, 10, 17, 26, ...
    a. Tentukan rumus suku ke-n
    b. Tentukan suku ke-6

  5. Sebuah taman disusun dengan pola: baris pertama 1 pohon, baris kedua 3 pohon, baris ketiga 5 pohon, dan seterusnya.
    Berapa jumlah pohon pada baris ke-25?


KESIMPULAN

  • Pola bilangan membantu kita mengenali keteraturan dalam kehidupan.

  • Jenis-jenis pola mencakup ganjil, genap, kuadrat, segitiga, dan pola kontekstual.

  • Dengan memahami pola, kita dapat merumuskan suku ke-n dan memprediksi situasi nyata.

  • Pola melatih kemampuan berpikir sistematis dan pemecahan masalah.


REFERENSI

  • Buku Siswa Matematika Kelas 8 (Kurikulum Merdeka)

  • Buku Panduan Guru Kemdikbudristek

  • Modul Ajar Matematika SMP

  • https://guru.kemdikbud.go.id

  • Materi Kontekstual oleh Tim Pengembang Matematika SMP


Komentar

Postingan Populer