Bangun Datar
Fase : D
Kelas : VII D dan VII C
Tanggal : 29 April 2025
Materi : Bangun Datar
Pertemuan : 1 dari 5 pertemuan
Guru Mapel : Nadia Eka Putri, S.Pd
Waktu Pembelajaran : 3 x 40 menit
Capaian Pembelajaran : Siswa mampu memahami dan menerapkan konsep Bangun Datar untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, menjelaskan langkah perhitungan secara logis.
Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
2. Bergotong Royong
3. Kreatif
Hari ini kita akan masuk materi baru yairu materi bangun datar. Apa ya tujuan kita mempelajari bangun datar? Nah tujuannya adalah dibawah ini:
-
Mengidentifikasi berbagai jenis bangun datar.
-
Menyebutkan sifat-sifat bangun datar.
-
Menghitung keliling dan luas bangun datar.
-
Memecahkan masalah terkait bangun datar dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Pokok
1. Pengertian Bangun Datar
Bangun datar adalah bentuk dua dimensi yang memiliki panjang dan lebar, namun tidak memiliki ketebalan.
2. Jenis-jenis Bangun Datar
-
Segitiga (sama sisi, sama kaki, sembarang, siku-siku)
-
Persegi
-
Persegi panjang
-
Jajar genjang
-
Belah ketupat
-
Layang-layang
-
Trapesium
-
Lingkaran
3. Sifat-sifat Bangun Datar
-
Segitiga: jumlah sudut = 180°.
-
Persegi: semua sisi sama panjang, semua sudut 90°.
-
Persegi panjang: sisi berseberangan sama panjang, semua sudut 90°.
-
Jajar genjang: sisi berseberangan sejajar dan sama panjang, sudut berseberangan sama besar.
-
Belah ketupat: semua sisi sama panjang, diagonal saling tegak lurus.
-
Layang-layang: dua pasang sisi yang bersebelahan sama panjang.
-
Trapesium: hanya satu pasang sisi sejajar.
-
Lingkaran: semua titik di keliling berjarak sama dari pusat.
4. Rumus Keliling dan Luas
Bangun Datar | Keliling | Luas |
---|---|---|
Persegi | 4 × sisi | sisi × sisi |
Persegi panjang | 2 × (p + l) | p × l |
Segitiga | jumlah semua sisi | ½ × alas × tinggi |
Jajar genjang | 2 × (alas + sisi miring) | alas × tinggi |
Belah ketupat | 4 × sisi | ½ × d1 × d2 |
Layang-layang | 2 × (sisi pendek + sisi panjang) | ½ × d1 × d2 |
Trapesium | jumlah semua sisi | ½ × (jumlah sisi sejajar) × tinggi |
Lingkaran | 2 × Ï€ × r | Ï€ × r² |
Keterangan:
Ï€ (phi) ≈ 3,14 atau 22/7
r = jari-jari lingkaran
Contoh Soal 1 — Persegi
Sebuah persegi memiliki panjang sisi 10 cm.
Pertanyaan:
a) Hitunglah keliling persegi!
b) Hitunglah luas persegi!
Jawaban:
a) Keliling = 4 × sisi
= 4 × 10
= 40 cm
b) Luas = sisi × sisi
= 10 × 10
= 100 cm²
Contoh Soal 2 — Persegi Panjang
Sebuah persegi panjang memiliki panjang 12 cm dan lebar 8 cm.
Pertanyaan:
a) Hitunglah keliling!
b) Hitunglah luas!
Jawaban:
a) Keliling = 2 × (panjang + lebar)
= 2 × (12 + 8)
= 2 × 20
= 40 cm
b) Luas = panjang × lebar
= 12 × 8
= 96 cm²
Contoh Soal 3 — Segitiga
Sebuah segitiga memiliki alas 14 cm dan tinggi 10 cm.
Pertanyaan:
Hitunglah luas segitiga tersebut!
Jawaban:
Luas = ½ × alas × tinggi
= ½ × 14 × 10
= 7 × 10
= 70 cm²
Contoh Soal 4 — Lingkaran
Diketahui sebuah lingkaran memiliki jari-jari 7 cm. (Gunakan π = 22/7)
Pertanyaan:
a) Hitunglah keliling lingkaran!
b) Hitunglah luas lingkaran!
Jawaban:
a) Keliling = 2 × Ï€ × r
= 2 × 22/7 × 7
= 44 cm
b) Luas = Ï€ × r²
= 22/7 × 7 × 7
= 154 cm²
Contoh Soal 5 — Trapesium
Sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar masing-masing 12 cm dan 8 cm, serta tinggi 5 cm.
Pertanyaan:
Hitunglah luas trapesium!
Jawaban:
Luas = ½ × (jumlah sisi sejajar) × tinggi
= ½ × (12 + 8) × 5
= ½ × 20 × 5
= 10 × 5
= 50 cm²
Latihan: Kerjakan di buku latihan!
1. Persegi
Sebuah persegi memiliki panjang sisi 12 cm.
Hitunglah:
a) Keliling persegi
b) Luas persegi
2. Persegi Panjang
Panjang sebuah persegi panjang adalah 8 cm dan lebarnya 5 cm.
Hitunglah:
a) Keliling persegi panjang
b) Luas persegi panjang
3. Segitiga
Sebuah segitiga memiliki alas 10 cm dan tinggi 6 cm.
Hitunglah:
a) Luas segitiga
b) Jika ketiga sisinya sama panjang (segitiga sama sisi), berapa kelilingnya?
4. Lingkaran
Diketahui jari-jari sebuah lingkaran adalah 7 cm. (Gunakan π = 22/7)
Hitunglah:
a) Keliling lingkaran
b) Luas lingkaran
5. Trapesium
Sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar masing-masing 10 cm dan 6 cm, serta tinggi 4 cm.
Hitunglah:
a) Luas trapesium
b) Jika sisi miring masing-masing 5 cm, berapa keliling trapesium?
Kesimpulan:
Bangun datar adalah bentuk dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar (tidak memiliki tinggi/ketebalan).
Ciri khas bangun datar adalah memiliki luas dan keliling.
Contoh bangun datar antara lain:
Persegi (sisi-sisinya sama panjang)
Persegi panjang (pasangan sisi berhadapan sama panjang)
Segitiga (memiliki tiga sisi dan tiga sudut)
Lingkaran (memiliki satu sisi lengkung)
Jajaran genjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang.
Setiap bangun datar memiliki rumus khusus untuk menghitung luas dan kelilingnya.
Bangun datar digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam perencanaan bangunan, desain, dan seni.
Referensi:
Depdiknas. (2008). Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Modul Ajar Matematika SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka. Jakarta.
Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press.
Siregar, H. (2017). Matematika Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Purwanto, M. N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dzaky hafiz ramadahan 7c
BalasHapusAssalamualaikum Bu Nadia, saya Muhammad Hafiz Eka Laksana, dari kelas 7c, absen 18
BalasHapusAlfathi Jagaraga Wicaksono 7c
BalasHapusdarion Alvaro falco absen 6 kelas 7D
BalasHapusArifin Ilham 7D Hadir
BalasHapus