BILANGAN BULAT KELAS VII
Fase : D
Kelas : VII A
Tanggal : 17 Juli
Materi : Bilangan Bulat
Pertemuan : 1 dari 5 pertemuan
Guru Mapel : Nadia Eka Putri, S.Pd
Waktu Pembelajaran : 3 x 40 menit
Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu:
-
Memahami konsep bilangan bulat (positif dan negatif) serta posisinya pada garis bilangan.
-
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat.
-
Menggunakan sifat-sifat operasi (komutatif, asosiatif, distributif) dalam menyelesaikan masalah bilangan bulat.
-
Menerapkan operasi bilangan bulat dalam konteks kehidupan sehari-hari (misalnya perubahan suhu, ketinggian, keuntungan/rugi, dll).
Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
2. Bergotong Royong
3. Kreatif
Assalamualaikum wr.wb anak-anak soleh soleha ibu. Gimana kabarnya nak? insha allah semuanya dalam keadaan sehat semuanyaa dan terus semangat belajar matematika pada hari ini ya!
Puji Syukur kita curahkan kepada allah yang maha kuasa, yang mana pada hari ini kita dapat bertemu di awal masuk sekolah sebagai siswa siswi baru, dalam keadaan baik, atas segala nikmat yang telah allah berikan kepada kita semua ayo sama sama kita mengucapkan syukur alhamdulillahirobilalamin. Ibu harap semoga dipertemuan kita kali ini dapat memberikan kesan yang baik, senang belajar matematika, dan semangat selalu ya nak.
Untuk memulai pelajaran hari ini, coba pikirkan:
-
Suhu di puncak gunung adalah -4°C, sedangkan di pantai 32°C. Apa arti dari angka negatif (-4) dalam konteks suhu?
-
Ketika kamu berutang Rp10.000 kepada temanmu dan kamu punya Rp5.000, bagaimana cara menuliskannya dalam bentuk bilangan?
Pertanyaan ini mengajak kita memahami bahwa bilangan bulat tidak hanya positif, tapi juga bisa nol dan negatif.
B. Tujuan Pembelajaran materi hari ini
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
-
Menjelaskan pengertian bilangan bulat dan letaknya pada garis bilangan.
-
Melakukan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) bilangan bulat.
-
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat.
C. Materi
1. Pengertian Bilangan Bulat
Bilangan bulat terdiri dari:
-
Bilangan bulat positif: 1, 2, 3, ...
-
Bilangan nol: 0
-
Bilangan bulat negatif: -1, -2, -3, ...
Bilangan bulat dituliskan:
Z = {..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, ...}
2. Garis Bilangan
Garis bilangan menunjukkan urutan bilangan dari kiri (negatif) ke kanan (positif).
3. Operasi Hitung Bilangan Bulat
a. Penjumlahan dan Pengurangan
-
(+) + (+) = tambah biasa
-
(-) + (-) = tambah biasa lalu beri tanda minus
-
(+) + (-) = kurangi, pakai tanda bilangan yang lebih besar
b. Perkalian dan Pembagian
-
(+) × (+) = +
-
(-) × (-) = +
-
(+) × (-) = -
-
(-) × (+) = -
c. Sifat Operasi
-
Komutatif: a + b = b + a
-
Asosiatif: (a + b) + c = a + (b + c)
-
Distributif: a × (b + c) = a × b + a × c
D. Contoh Soal
-
Hitunglah hasil dari:
a. 7 + (-3) = ?
b. (-8) - (-5) = ?
c. (-4) × 3 = ?
d. 36 ÷ (-6) = ?
Jawaban:
a. 7 - 3 = 4
b. -8 + 5 = -3
c. -12
d. -6
E. Latihan Soal
-
Hitunglah:
a. -12 + 7 = …
b. 5 - (-9) = …
c. (-6) × (-4) = …
d. 56 ÷ (-7) = …
e. (-3) × 5 + 6 = … -
Sebuah elevator berada di lantai 5, lalu turun ke lantai -2. Berapa lantai yang sudah dilewati?
F. Kesimpulan
-
Bilangan bulat meliputi bilangan positif, nol, dan negatif.
-
Operasi bilangan bulat mengikuti aturan tanda dan sifat-sifat tertentu.
-
Pemahaman bilangan bulat penting dalam kehidupan sehari-hari seperti perhitungan suhu, utang-piutang, dan perubahan posisi.
G. Referensi
-
Buku Siswa Matematika Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
-
Matematika SMP/MTs Kelas VII, Penerbit Erlangga.
-
Modul Ajar Matematika Kelas 7, Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Komentar
Posting Komentar