Statistika

 Fase                      : D

Kelas                     : VII A dan VII B

Tanggal                : 16 Mei 2025

Materi                  : Statistika

Pertemuan          : 4 dari 5 pertemuan

Guru Mapel        : Nadia Eka Putri, S.Pd

Waktu Pembelajaran   :  3 x 40 menit

Capaian Pembelajaran : Siswa mampu memahami dan menerapkan konsep pengelompokan data untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, menjelaskan langkah perhitungan secara logis. 

Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap 

1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME 

2. Bergotong Royong 

3. Kreatif 

Assalamualaikum wr.wb apa kabarnya anak-anak soleh soleha ibu? Semoga selalu diberikan nikmat sehat untuk semuanya. 

Puji syukur kita curahkan kepada allah yang maha kuasa yang mana pada hari ini kita dapat bertemu dan belajar kembali seperti biasanya pada mata pelajaran matematika dalam keadaan sehat, atas segala nikmat yang telah allah berikan kepada kita semua, mari sama-sama kita mengucapkan kalimat syukur alhamdulillahirobbilalamin. Ibu harap, 
pada pertemuan hari ini di masa setelah libur sekolah semoga anak-anak ibu selalu bahagia dan selalu semangat untuk belajar matematika ya nak 💖🤗🥰

Hari ini kita akan masuk materi baru yairu materi statistika. Apa ya tujuan kita mempelajari Statistika? Nah tujuannya adalah dibawah ini: 

  1. Mengumpulkan dan menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran.

  2. Menghitung ukuran pemusatan data (mean, median, dan modus).

  3. Menafsirkan data dan informasi dari berbagai penyajian.

  4. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan statistika.


B. Materi Pembelajaran

1. Pengumpulan Data

  • Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, atau angket.

  • Contoh data: tinggi badan siswa, nilai ulangan, jumlah buku, dll.

2. Penyajian Data

  • Tabel: Menyusun data secara sistematis.

  • Diagram Batang: Menampilkan data dalam bentuk batang tegak atau mendatar.

  • Diagram Garis: Menunjukkan perubahan data dalam rentang waktu tertentu.

  • Diagram Lingkaran: Menyajikan data dalam bentuk persentase bagian dari keseluruhan.

3. Ukuran Pemusatan Data

  • Mean (Rata-rata) = jumlah seluruh data ÷ banyak data

  • Median (Nilai Tengah) = data tengah setelah diurutkan

  • Modus (Data yang paling sering muncul)


C. Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh 1: Penyajian Data

Soal: Berikut adalah data nilai ulangan matematika 10 siswa:
80, 70, 90, 70, 60, 80, 90, 100, 60, 70.
Buatlah tabel frekuensinya!

Jawaban:

NilaiFrekuensi
602
703
802
902
1001

Contoh 2: Menghitung Mean, Median, dan Modus

Soal: Hitunglah mean, median, dan modus dari data berikut:
60, 70, 70, 70, 80, 80, 90, 90, 100, 60

Jawaban:

  • Mean = (60 + 70 + 70 + 70 + 80 + 80 + 90 + 90 + 100 + 60) ÷ 10 = 77

  • Median = urutkan: 60, 60, 70, 70, 70, 80, 80, 90, 90, 100 → nilai tengah = (70 + 80)/2 = 75

  • Modus = 70 (muncul 3 kali)


D. Latihan Soal

  1. Dari hasil survei, berikut adalah data jumlah buku yang dibaca oleh 12 siswa dalam sebulan:
    2, 3, 2, 4, 5, 2, 3, 4, 5, 3, 3, 2
    a. Buat tabel frekuensinya
    b. Sajikan dalam diagram batang
    c. Hitung mean, median, dan modusnya

  2. Data berat badan siswa kelas 7A (dalam kg):
    40, 45, 42, 40, 43, 41, 45, 46, 44, 43
    a. Urutkan data tersebut
    b. Tentukan median dan modusnya


E. Kesimpulan

  • Statistika mempelajari cara mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data.

  • Data dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti tabel dan diagram.

  • Ukuran pemusatan data (mean, median, dan modus) membantu kita memahami karakteristik data secara umum.

  • Statistika sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk membuat keputusan berdasarkan data.


F. Referensi

  1. Buku Siswa Matematika Kelas 7 – Kemendikbudristek, Kurikulum Merdeka

  2. Modul Ajar Matematika Kelas 7 – Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud

  3. Website: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id

  4. Materi tambahan dari sumber terbuka seperti Zenius, Ruangguru, dan Quipper School


 

Komentar

Postingan Populer