Statistika
Fase : D
Kelas : VII A dan VII B
Tanggal : 16 Mei 2025
Materi : Statistika
Pertemuan : 4 dari 5 pertemuan
Guru Mapel : Nadia Eka Putri, S.Pd
Waktu Pembelajaran : 3 x 40 menit
Capaian Pembelajaran : Siswa mampu memahami dan menerapkan konsep pengelompokan data untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, menjelaskan langkah perhitungan secara logis.
Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
2. Bergotong Royong
3. Kreatif
Hari ini kita akan masuk materi baru yairu materi statistika. Apa ya tujuan kita mempelajari Statistika? Nah tujuannya adalah dibawah ini:
Mengumpulkan dan menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran.
Menghitung ukuran pemusatan data (mean, median, dan modus).
Menafsirkan data dan informasi dari berbagai penyajian.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan statistika.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengumpulan Data
Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, atau angket.
Contoh data: tinggi badan siswa, nilai ulangan, jumlah buku, dll.
2. Penyajian Data
Tabel: Menyusun data secara sistematis.
Diagram Batang: Menampilkan data dalam bentuk batang tegak atau mendatar.
Diagram Garis: Menunjukkan perubahan data dalam rentang waktu tertentu.
Diagram Lingkaran: Menyajikan data dalam bentuk persentase bagian dari keseluruhan.
3. Ukuran Pemusatan Data
Mean (Rata-rata) = jumlah seluruh data ÷ banyak data
Median (Nilai Tengah) = data tengah setelah diurutkan
Modus (Data yang paling sering muncul)
C. Contoh Soal dan Pembahasan
Contoh 1: Penyajian Data
Soal: Berikut adalah data nilai ulangan matematika 10 siswa:
80, 70, 90, 70, 60, 80, 90, 100, 60, 70.
Buatlah tabel frekuensinya!
Jawaban:
Nilai | Frekuensi |
---|---|
60 | 2 |
70 | 3 |
80 | 2 |
90 | 2 |
100 | 1 |
Contoh 2: Menghitung Mean, Median, dan Modus
Soal: Hitunglah mean, median, dan modus dari data berikut:
60, 70, 70, 70, 80, 80, 90, 90, 100, 60
Jawaban:
Mean = (60 + 70 + 70 + 70 + 80 + 80 + 90 + 90 + 100 + 60) ÷ 10 = 77
Median = urutkan: 60, 60, 70, 70, 70, 80, 80, 90, 90, 100 → nilai tengah = (70 + 80)/2 = 75
Modus = 70 (muncul 3 kali)
D. Latihan Soal
Dari hasil survei, berikut adalah data jumlah buku yang dibaca oleh 12 siswa dalam sebulan:
2, 3, 2, 4, 5, 2, 3, 4, 5, 3, 3, 2
a. Buat tabel frekuensinya
b. Sajikan dalam diagram batang
c. Hitung mean, median, dan modusnyaData berat badan siswa kelas 7A (dalam kg):
40, 45, 42, 40, 43, 41, 45, 46, 44, 43
a. Urutkan data tersebut
b. Tentukan median dan modusnya
E. Kesimpulan
Statistika mempelajari cara mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data.
Data dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti tabel dan diagram.
Ukuran pemusatan data (mean, median, dan modus) membantu kita memahami karakteristik data secara umum.
Statistika sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk membuat keputusan berdasarkan data.
F. Referensi
Buku Siswa Matematika Kelas 7 – Kemendikbudristek, Kurikulum Merdeka
Modul Ajar Matematika Kelas 7 – Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud
Materi tambahan dari sumber terbuka seperti Zenius, Ruangguru, dan Quipper School
Komentar
Posting Komentar