Statistika (Diagram Lingkaran)

 Fase                      : D

Kelas                     : VII D dan VII C

Tanggal                : 20 Mei 2025

Materi                  : Statistika

Pertemuan          : 4 dari 5 pertemuan

Guru Mapel        : Nadia Eka Putri, S.Pd

Waktu Pembelajaran   :  3 x 40 menit

Capaian Pembelajaran : Siswa mampu memahami dan menerapkan konsep pengelompokan data untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, menjelaskan langkah perhitungan secara logis. 

Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap 

1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME 

2. Bergotong Royong 

3. Kreatif 

Assalamualaikum wr.wb apa kabarnya anak-anak soleh soleha ibu? Semoga selalu diberikan nikmat sehat untuk semuanya. 

Puji syukur kita curahkan kepada allah yang maha kuasa yang mana pada hari ini kita dapat bertemu dan belajar kembali seperti biasanya pada mata pelajaran matematika dalam keadaan sehat, atas segala nikmat yang telah allah berikan kepada kita semua, mari sama-sama kita mengucapkan kalimat syukur alhamdulillahirobbilalamin. Ibu harap, 
pada pertemuan hari ini semoga anak-anak ibu selalu bahagia dan selalu semangat untuk belajar matematika ya nak 💖🤗🥰

Hari ini kita akan masuk materi statistika menjelaskan tentang diagram lingkaran. Apa ya tujuan kita mempelajari Statistika Diagram Lingkaran? Nah tujuannya adalah dibawah ini: 

  1. Menjelaskan pengertian diagram lingkaran.

  2. Menentukan besar sudut pada diagram lingkaran.

  3. Menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran.

  4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan diagram lingkaran.


B. Pengertian Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran adalah penyajian data dalam bentuk lingkaran yang dibagi-bagi menjadi beberapa sektor. Tiap sektor mewakili suatu kategori data, dan besar sudutnya menunjukkan proporsi data tersebut terhadap keseluruhan.

  • Total sudut dalam satu lingkaran: 360°

  • Rumus sudut sektor:

    Sudut sektor=Frekuensi dataJumlah seluruh data×360\text{Sudut sektor} = \frac{\text{Frekuensi data}}{\text{Jumlah seluruh data}} \times 360^\circ

C. Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1:
Data hobi siswa dalam satu kelas disajikan sebagai berikut:

Hobi Jumlah
Membaca 10
Menonton 15
Bermain 5
Berolahraga 10

Buatlah diagram lingkarannya!

Pembahasan:
Total siswa = 10 + 15 + 5 + 10 = 40 siswa
Hitung besar sudut masing-masing kategori:

  • Membaca:

    1040×360=90\frac{10}{40} \times 360^\circ = 90^\circ
  • Menonton:

    1540×360=135\frac{15}{40} \times 360^\circ = 135^\circ
  • Bermain:

    540×360=45\frac{5}{40} \times 360^\circ = 45^\circ
  • Berolahraga:

    1040×360=90\frac{10}{40} \times 360^\circ = 90^\circ

Kemudian gambarkan lingkaran dan bagi menjadi sektor sesuai sudut di atas.


D. Latihan Soal

Soal 1:
Sebuah kelas memiliki 50 siswa dengan data kesukaan makanan sebagai berikut:

Makanan Jumlah
Nasi Goreng 20
Bakso 10
Mie Ayam 15
Sate 5
  1. Hitunglah besar sudut masing-masing jenis makanan pada diagram lingkaran!

  2. Gambar diagram lingkaran berdasarkan data tersebut!

Soal 2:
Pada suatu survei terhadap 80 siswa tentang alat transportasi ke sekolah, diperoleh data sebagai berikut:

Transportasi Jumlah
Jalan Kaki 20
Sepeda 30
Motor 25
Mobil 5
  1. Hitung besar sudut untuk masing-masing jenis transportasi.

  2. Apa jenis transportasi yang paling populer? Jelaskan.


E. Kesimpulan

  • Diagram lingkaran menyajikan data dalam bentuk visual yang mudah dipahami.

  • Setiap sektor dalam lingkaran mewakili bagian dari total data.

  • Untuk membuat diagram lingkaran, diperlukan perhitungan besar sudut tiap kategori.

  • Total sudut dalam lingkaran adalah 360°.


F. Referensi

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku Siswa Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

  2. Purwanto, A. (2020). Matematika Kontekstual untuk SMP/MTs. Yogyakarta: Grafindo Media.

  3. https://belajar.kemdikbud.go.id

  4. https://www.ruangguru.com


Komentar

Postingan Populer