POLA BILANGAN

 IDENTITAS

Mata Pelajaran           : Matematika

FASE                            : D

Kelas                             : VIII A

Tanggal                         : 31 Juli 2024

Materi                          : POLA BILANGAN

Pertemuan                    : Ke 1 dari 5 pertemuan

Guru Mapel                 : Nadia Eka Putri, S. Pd

Waktu Pembelajaran     : 3 x 40 menit

Capaian Pembelajaran : Peserta didik dapat membaca menulis, dan   membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah.

Tujuan  : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap

 1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME

 2. Bergotong Royong

 3. Berkebinekaan Global

Maka peserta didik dapat: Memahami konsep-konsep bilangan bulat dan mampu menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan bilangan bulat, terutama dalam sub materi bilangan dalam bentuk akar.

Assalamualaikum wr.wb apa kabarnya anak-anak soleh soleha ibu? Semoga selalu diberikan nikmat sehat untuk semuanya. Puji syukur kita curahkan kepada allah yang maha kuasa yang mana pada hari ini kita dapat bertemu dan belajar kembali seperti biasanya pada mata pelajaran matematika dalam keadaan sehat, atas segala nikmat yang telah allah berikan kepada kita semua, mari sama-sama kita mengucapkan alhamdulillahirobbilalamin. Minggu kemarin, kita membahas materi bentuk akar, bagaimana cara kita menyederhanakan dan menyelesaikan permasalahan penjumlahan, pengurangan, perkalian yang berkaitan dengan bentuk akar. Mari kita ingat-ingat kembali ya nak, sifat-sifat akar yang sudah kita pelajari sebelumnya. Untuk hari ini kita akan masuk materi baru yaitu, silahkan simak di bawah ini:

Materi:

POLA BILANGAN

Pola Bilangan adalah Sebuah bilangan yang tersusun dari bilangan lain yang mempunyai pola tertentu.

a. Pola Bilangan Ganjil

Dari pola-pola tersebut, kemudian akan ditentukan jumlah-jumlah bilangan asli ganjil. Jumlah dari n bilangan asli ganjil yang pertama adalah:


1 + 3 + 5 + 7 + ... = n2

b. Pola Bilangan Genap

Dari pola-pola tersebut, kemudian akan ditentukan jumlah-jumlah bilangan asli genap.

Jumlah dari n bilangan asli genap yang pertama adalah:

2+4+6+8+ ... + n=n(n+1)

c. Pola Segitiga Pascal

Contoh Soal:

1. Berapa banyaknya bilangan asli yang pertama yang jumlahnya 144?

Penyelesaian:

Jumlah dari n bilangan asli ganjil yang pertama = n2

Sehingga 144 = n2

                     n = 12, atau

                     n = –12 (tidak memenuhi)

Jadi, banyaknya bilangan ganjil adalah 12.

2. Tentukan bilangan asli genap yang pertama yang jumlahnya 121.

Penyelesaian:

Jumlah n bilangan asli genap adalah n (n + 1), maka:

n(n+1) = 121

n2 + n -121 = 0

(n - 10) (n +11) = 0

n - 10 = 0 atau n +11 = 0

n =10 atau n = - 11 (tidak memenuhi)

Jadi, banyak bilangan asli genap adalah 10.

3. Berapakah jumlah bilangan pada segitiga pascal pada barisan ke 10

Penyelesaian:

umlah bilangan adalah Sn = 2n-1

                                                    = 210-1

                                           = 29

                                           = 512

Jadi, jumlah bilangan segitiga pascal pada baris ke-10 adalah 512.

Untuk lebih jelasnyaa, bisa klik dan simak materi yang ibu berikan di bawah ini ya: 

https://drive.google.com/file/d/1b1zQFBcXzIhbpYXz2ZuVpE3HCB-54DIJ/view?usp=drivesdk

Evaluasi: 

Kerjakan soal di bawah ini:

1. Diketahui barisan bilangan 3, 5, 9, 15, 23, ... bilangan pada suku ke 15 adalah .....

2. Rumus suku ke - n dari barisan bilangan aritmatika 2, 6, 10, 14, ... adalah ....


Kesimpulan: 
Dari pembelajaran di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa pola bilangan itu tersusun dari bilangan lain yang mempunyai pola tertentu. Pola bilangan terdiri dari pola bilangan ganjil, pola bilangan genap, dan pola bilangan 

Komentar

Postingan Populer