Sifat bilangan bulat
Mata Pelajaran : Matematika
FASE : D
Kelas : VII A dan VII C
Tanggal : 25 Juli 2025
Materi : Sifat Bilangan bulat
Pertemuan : 2 dari 5 pertemuan
Guru Mapel : Nadia Eka Putri, S.Pd
Waktu Pembelajaran : 3 x 40 menit
Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu:
Menjelaskan konsep bilangan bulat dan garis bilangan.
Menunjukkan posisi bilangan bulat pada garis bilangan.
Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan.
Mengaitkan konsep garis bilangan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
2. Bergotong Royong
3. Kreatif
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
Mengidentifikasi bilangan bulat (positif, negatif, dan nol) serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan letak bilangan bulat pada garis bilangan secara tepat.
Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan.
Assalamualaikum wr.wb anak-anak soleh soleha ibu. Gimana kabarnya nak? insha allah semuanya dalam keadaan sehat semuanyaa dan terus semangat belajar matematika pada hari ini ya!
Puji Syukur kita curahkan kepada allah yang maha kuasa, yang mana pada hari ini kita dapat bertemu di awal masuk sekolah sebagai siswa siswi baru, dalam keadaan baik, atas segala nikmat yang telah allah berikan kepada kita semua ayo sama sama kita mengucapkan syukur alhamdulillahirobilalamin.
Ibu harap semoga dipertemuan kita kali ini dapat memberikan kesan yang baik, senang belajar matematika, dan semangat selalu ya nak š
Pernahkah kamu bermain game yang mengharuskan kamu menambah atau mengurangi poin? Ketika kamu salah, poin berkurang, dan saat benar, poin bertambah. Konsep ini sebenarnya berkaitan erat dengan bilangan bulat dan sifat-sifat operasinya. Dengan memahami sifat-sifat bilangan bulat, kamu bisa menyelesaikan soal lebih cepat dan tepat, serta mengembangkan pola berpikir logis.
-
Apa yang terjadi jika kita menjumlahkan dua bilangan negatif?
-
Apakah hasil perkalian bilangan negatif selalu negatif?
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa dapat:
-
Menjelaskan sifat-sifat penjumlahan dan perkalian bilangan bulat.
-
Mengidentifikasi sifat komutatif, asosiatif, dan distributif dalam operasi bilangan bulat.
-
Menerapkan sifat-sifat bilangan bulat dalam menyelesaikan soal.
Materi: Sifat-Sifat Bilangan Bulat
1. Penjumlahan Bilangan Bulat
-
Sifat Komutatif:
Contoh: -
Sifat Asosiatif:
Contoh: -
Sifat Identitas (Identitas Penjumlahan):
Contoh: -
Sifat Invers (Kebalikan):
Contoh:
2. Perkalian Bilangan Bulat
-
Sifat Komutatif:
Contoh: -
Sifat Asosiatif:
Contoh: -
Sifat Identitas Perkalian:
Contoh: -
Sifat Distributif terhadap Penjumlahan:
Contoh:
Contoh Soal
-
Tentukan hasil dari:
Jawaban: -
Buktikan sifat distributif dari:
Latihan Soal
Kerjakan soal-soal berikut:
-
Hitung hasil dari:
-
Tunjukkan bahwa
-
Apakah ? Jelaskan!
Kesimpulan
Sifat-sifat bilangan bulat membantu kita memahami bagaimana angka bekerja dalam operasi matematika. Sifat komutatif, asosiatif, identitas, dan distributif berlaku dalam penjumlahan dan perkalian, serta sangat penting untuk menyederhanakan perhitungan dan memecahkan masalah.
Referensi
-
Buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka
-
Modul Ajar Matematika Kelas 7
Komentar
Posting Komentar