Bilangan Bulat
Mata Pelajaran : Matematika
FASE : D
Kelas : VII C
Tanggal : 24 Juli 2025
Materi : Bilangan bulat garis bilangan
Pertemuan : 2 dari 5 pertemuan
Guru Mapel : Nadia Eka Putri, S.Pd
Waktu Pembelajaran : 3 x 40 menit
Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu:
Menjelaskan konsep bilangan bulat dan garis bilangan.
Menunjukkan posisi bilangan bulat pada garis bilangan.
Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan.
Mengaitkan konsep garis bilangan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
2. Bergotong Royong
3. Kreatif
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
Mengidentifikasi bilangan bulat (positif, negatif, dan nol) serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan letak bilangan bulat pada garis bilangan secara tepat.
Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan.
Assalamualaikum wr.wb anak-anak soleh soleha ibu. Gimana kabarnya nak? insha allah semuanya dalam keadaan sehat semuanyaa dan terus semangat belajar matematika pada hari ini ya!
Puji Syukur kita curahkan kepada allah yang maha kuasa, yang mana pada hari ini kita dapat bertemu di awal masuk sekolah sebagai siswa siswi baru, dalam keadaan baik, atas segala nikmat yang telah allah berikan kepada kita semua ayo sama sama kita mengucapkan syukur alhamdulillahirobilalamin.
Ibu harap semoga dipertemuan kita kali ini dapat memberikan kesan yang baik, senang belajar matematika, dan semangat selalu ya nak š
Sebelum masuk ke materi ibu ingin bertanya nih, pernahkah anak-anak ibu berjalan di jalan lurus ke depan dan ke belakang? Coba bayangkan kita berada di titik 0. Jika kita melangkah 3 langkah ke depan, kita berada di titik berapa? Bagaimana jika kita mundur 2 langkah? Dalam matematika, langkah ke depan itu bisa kita sebut sebagai bilangan positif, dan langkah ke belakang sebagai bilangan negatif. Dengan garis bilangan, kita bisa memvisualisasikan gerakan maju dan mundur ini untuk memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Untuk lebih jelasnya yuk, simak materi yang ibu berikan di bawah ini:
Materi:
1. Garis Bilangan
Garis bilangan adalah garis lurus yang digunakan untuk merepresentasikan bilangan. Titik nol berada di tengah. Di sebelah kanan 0 adalah bilangan positif, dan di sebelah kiri adalah bilangan negatif.
Contoh:
... -4 -3 -2 -1 0 +1 +2 +3 +4 ...
2. Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Garis Bilangan
Langkah 1: Tentukan bilangan pertama sebagai posisi awal di garis bilangan.
Langkah 2: Jika ditambah bilangan positif, gerak ke kanan.
Langkah 3: Jika ditambah bilangan negatif, gerak ke kiri.
Contoh:
Hitung 3 + (–2)
→ Mulai dari 3, geser 2 langkah ke kiri → Hasil: 1
3. Pengurangan Bilangan Bulat dengan Garis Bilangan
Langkah 1: Tempatkan bilangan pertama di garis bilangan.
Langkah 2: Jika dikurangi bilangan positif, gerak ke kiri.
Langkah 3: Jika dikurangi bilangan negatif, gerak ke kanan.
Contoh:
Hitung 2 – (–3)
→ Mulai dari 2, karena dikurangi negatif, geser 3 langkah ke kanan → Hasil: 5
Contoh Soal
Tentukan hasil dari:
a. –1 + 4
b. –3 – 2
c. 5 – (–4)
d. –2 + (–3)
Latihan Soal
Kerjakan soal-soal berikut dengan bantuan garis bilangan:
Hitunglah:
a. –5 + 3
b. 2 – 7
c. –4 – (–2)
d. 6 + (–8)
e. –1 – 6Gambarlah garis bilangan untuk menyelesaikan:
a. 0 – 3
b. –2 + 5
c. –4 – 3
Kesimpulan
Garis bilangan adalah alat visual untuk memahami operasi bilangan bulat.
Penjumlahan bilangan bulat: gerak ke kanan (positif), ke kiri (negatif).
Pengurangan bilangan bulat: kurangi positif → kiri; kurangi negatif → kanan.
Refleksi Awal Tahun
Renungkan dan jawab pertanyaan berikut:
Apa yang kamu rasakan saat pertama kali belajar bilangan bulat dengan garis bilangan?
Bagaimana metode ini membantumu memahami penjumlahan dan pengurangan?
Di kehidupan nyata, kapan kamu pernah merasakan naik (positif) atau turun (negatif) seperti di garis bilangan?
Apa harapanmu dalam belajar matematika tahun ini?
Referensi
Buku Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka (Kemendikbud)
Buku Guru dan Siswa Kemendikbudristek
Modul PJJ Matematika SMP
Komentar
Posting Komentar