ARITMATIKA SOSIAL
Fase : D
Kelas : VII C dan VII B
Tanggal : 9 Januari 2025
Materi : Aritmatika sosial
Pertemuan : 1 dari 5 pertemuan
Guru Mapel : Nadia Eka Putri, S.Pd
Waktu Pembelajaran : 3 x 40 menit
Capaian Pembelajaran : Siswa mampu memahami dan menerapkan konsep aritmatika sosial (diskon, keuntungan, kerugian, bruto, netto, tara) untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, menjelaskan langkah perhitungan secara logis, dan meningkatkan literasi finansial dasar.
Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
2. Bergotong Royong
3. Kreatif
Maka peserta didik diharapkan mampu:
- Menjelaskan konsep dasar diskon, keuntungan, kerugian, bruto, netto, dan tara.
- Menghitung nilai diskon, keuntungan, kerugian, bruto, netto, dan tara dalam berbagai situasi.
- Menyelesaikan soal-soal aritmatika sosial terkait kehidupan sehari-hari.
Assalamualaikum wr.wb apa kabarnya anak-anak soleh soleha ibu? Semoga selalu diberikan nikmat sehat untuk semuanya.
Materi:
Konsep Dasar
Harga Beli dan Harga Jual
- Harga Beli (HB): Harga suatu barang saat dibeli.
- Harga Jual (HJ): Harga suatu barang saat dijual.
Keuntungan dan Kerugian
- Keuntungan (Laba): Ketika harga jual lebih tinggi dari harga beli.
- Kerugian (Rugi): Ketika harga jual lebih rendah dari harga beli.
Persentase Keuntungan/Rugi
Soal Latihan
- Sebuah barang seharga Rp500.000 mendapat diskon 15%. Berapa harga setelah diskon?
- Pak Agus membeli buah dengan harga bruto 10 kg, tara 1,5 kg. Berapa netto buah tersebut?
- Sebuah toko mengalami kerugian sebesar Rp50.000 saat menjual barang dengan harga Rp250.000. Berapa harga belinya?
Komentar
Posting Komentar