SPLtSV
Fase : D
Kelas : VII D dan VII A
Tanggal : 20 November 2024
Materi : Pertidaksamaan Linier
Pertemuan : 2 dari 5 pertemuan
Guru Mapel : Nadia Eka Putri, S.Pd
Waktu Pembelajaran : 3 x 40 menit
Capaian Pembelajaran : Peserta didik dapat membaca menulis, dan menyatakan suatu situasi kedalam bentuk persamaan Linier Satu Variabel.
Tujuan : Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan sikap
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
2. Bergotong Royong
3. Kreatif
Maka peserta didik dapat:
1. Memahami pengertian dan bentuk umum dari Pertidaksamaan Linier
2. Mampu menyusun dan menyelesaikan pertidaksamaan linier
3. Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan pertidaksamaan linier.
Mateti:
A. Pengertian Pertidaksamaan Linier
1. Pengertian Pertidaksamaan Linier
Pertidaksamaan linier adalah suatu pernyataan matematis yang menunjukkan hubungan ketidaksamaan antara dua ekspresi aljabar yang membentuk garis lurus.
Contoh:
1. 2x + 3 > 7
2. 4x - 5 < 15
Tanda-tanda yang digunakan dalam pertidaksamaan:
- > : lebih besar
- <: lebih kecil
- ≥ : lebih besar atau sama dengan
- ≤ : lebih kecil atau sama dengan
Untuk lebih jelasnya, silhakan disimak materi pertidaksamaan linier pada PPT di bawah ini:
Pertidaksamaan linier adalah hubungan ketidaksamaan antara dua ekspresi aljabar berbentuk linier (garis lurus).
Langkah Penyelesaian:
- Operasikan kedua sisi untuk memindahkan variabel dan konstanta.
- Jika dikalikan atau dibagi dengan bilangan negatif, tanda pertidaksamaan dibalik.
Hasil Solusi:
- Berupa interval nilai yang memenuhi syarat pertidaksamaan.
- Dapat digambarkan pada garis bilangan untuk memvisualisasikan solusi.
D. Aplikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Pertidaksamaan linier digunakan dalam berbagai masalah nyata, seperti menentukan batas keuntungan, kapasitas maksimum, atau alokasi sumber daya.
E. Referensi:
sinau ppt.
Komentar
Posting Komentar