PECAHAN
IDENTITAS
Mata
Pelajaran :
Matematika
FASE :
D
Kelas :
VII D dan VII C
Tanggal : 20 Agustus 2024
Materi
: PECAHAN
Pertemuan :
Ke 2 dari 5 pertemuan
Guru
Mapel
: Nadia Eka Putri, S. Pd
Waktu
Pembelajaran : 3 x 40 menit
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik dapat membaca
menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan
irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam
notasi ilmiah.
Tujuan :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajran menggunakan model pembelajaran descovery
learning, dengan metode literasi , eksperimen dan praktikum dengan menumbuhkan
sikap
1. Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
2. Bergotong Royong
3. Berkebinekaan Global
Maka peserta didik dapat: Memahami konsep-konsep
bilangan bulat dan mampu menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan
bilangan rasional dan irasional, terutama dalam sub materi pecahan.
Assalamualaikum wr.wb apa kabarnya anak-anak soleh
soleha ibu? Semoga selalu diberikan nikmat sehat untuk semuanya. Puji syukur
kita curahkan kepada allah yang maha kuasa yang mana pada hari ini kita dapat
bertemu dan belajar kembali seperti biasanya pada mata pelajaran matematika
dalam keadaan sehat, atas segala nikmat yang telah allah berikan kepada kita
semua, mari sama-sama kita mengucapkan kalimat syukur alhamdulillahirobbilalamin.
Ibu harap, di pertemuan kita kali ini anak-anak ibu selalu bahagia dan selalu
semangat untuk belajar matematika ya. Hari ini, kita akan masuk dalam sub baru,
sebelum masuk ke dalam materi pecahan, kita akan bahas tugas kelompok yang
dikerjakan pada pertemuan pertama kemarin ya. Setelahnya, mari perhatikan
materi yang ibu berikan di bawah ini, silahkan di klik ya nak!
https://drive.google.com/file/d/1i321rcL21ClQER8Sjcbe2EVDneGLwxz5/view?usp=drive_link
Untuk soal latihan silahkan klik di bawah ini!
https://drive.google.com/file/d/1i4emiDvJG74uoKOJEO2efEo_G8kUYpMn/view?usp=drivesdk
Kesimpulan: Pecahan termasuk bilangan rasional, dalam mencari pecahan penjumlahan kita harus mencari KPK nya terlebih dahulu. Untuk mencari pecahan perkalian maka tidak mencari KPK. Untuk mencari pembagian pecahan maka lawan pembagian yang mana pembilang dan penyebut di tukar lalu kalikan.
Refleksi:
Kelas VII D menyelesaikan hasil kerja kelompok dengan baik, menjelaskan hasil presentasi kepada teman sebaya dengan baik.
Kelas VII C menyelesaikan hasil kerja kelompok dengan baik, menjelaskan presentasi kepada teman sebaya denfan baik.
Untuk guru: Menambahi penjelasan per kelompok yang kurang.
Referensi: Slide share.
Komentar
Posting Komentar