Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII D
Tanggal : 16 Mei 2024
Materi : Prisma dan Limas
Pertemuan : Ke 6 dari 6 pertemuan
Guru Mapel : Nadia Eka Putri, S. Pd
KD : 3.9 Mengetahui dan memahami bangun ruang prisma dan limas
Tujuan : Agar peserta didik dapat memahami bentuk-bentuk bangun ruang sisi datar Prisma dan Limas, dan juga mengetahui Luas permukaan dan volume Limas
Apersepsi : Mengajukan pertanyaan kaitannya bentuk-bentuk bangun datar dengan lingkungan di sekitar yang berbentuk prisma dan limas
Materi Pembelajaran :
A. Prisma
Rumus:
Luas Permukaan Prisma : (2 x Luas Alas) + Luas Selimut atau (2 x luas Alas) + (keliling alas x t)
Volume : Luas Alas x tinggi.
B. Limas
VB
B
Soal-soal Latihan:
1. Sebuah prisma dengan alasnya berbentuk belah ketupat, panjang diagonal – diagonalnya adalah 10 cm dan 24 cm. Jika tinggi prisma adalah 20 cm, tentukanlah :
a. Volume prisma
b. Luas permukaan prisma
2. Sebuah prisma alasnya berbentuk segitiga siku – siku dengan panjang sisi siku – sikunya adalah 6 cm dan 8 cm. Jika volume prisma tersebut adalah 360 cm3 tentukan :
a. Tinggi prisma
b. Luas permukaan prisma
3. Sebuah limas segi empat beraturan tingginya dan volumenya 144 cm3 tentukan :
a. Luas alas
b. Rusuk alas
4. Sebuah limas segiempat beraturan , jika panjang rusuk tegak cm dan panjang diagonal sisi alas berapakah volume limas tersebut ?
5. Suatu kolam renang dengan permukaannya berbentuk persegi panjang berukuran 18 m x 5 m Kedalaman sisi dangkalnya dan sisi dalamnya . Berapa volume air yang dibutuhkan untuk mengisi penuh kolam renang tersebut ?
Komentar
Posting Komentar