PRISMA DAN LIMAS

 Mata Pelajaran          : Matematika

Kelas                           : VIIIC, VIII B, dan VIII A

Tanggal                      : 14 Mei 2024

Materi                        : Prisma dan Limas

Pertemuan                 : Ke 6 dari 6 pertemuan

Guru Mapel               : Nadia Eka Putri, S. Pd

KD                                : 4.0 Menentukan dan membedakan luas permukaan, volume prisma dan limas

Tujuan                        : Agar peserta didik dapat memahami bentuk-bentuk bangun ruang sisi datar Prisma dan Limas, dan juga mengetahui Luas permukaan dan volume Limas

Apersepsi                   : Mengajukan pertanyaan kaitannya bentuk-bentuk bangun datar dengan lingkungan di sekitar yang berbentuk prisma dan limas

Materi Pembelajaran :

A. Prisma 






Rumus:
Luas Permukaan Prisma  : (2 x Luas Alas) + Luas Selimut  atau (2 x luas Alas) + (keliling alas x t) 
Volume                            : Luas Alas x tinggi. 

B. Limas
VB
B




Soal-soal Latihan: 

1. Sebuah prisma dengan alasnya berbentuk belah ketupat, panjang diagonal – diagonalnya adalah 10 cm dan 24 cm.  Jika tinggi prisma adalah 20 cm, tentukanlah :
a. Volume prisma
b. Luas prisma

2. Sebuah prisma alasnya berbentuk segitiga siku – siku dengan panjang sisi siku – sikunya adalah 6 cm dan 8 cm. Jika volume prisma tersebut adalah 360 cm3 tentukan :
a. Tinggi prisma
b. Luas prisma

3. Sebuah limas segi empat beraturan tingginya dan volumenya 144 cm3 tentukan :
a. Luas alas
b. Rusuk alas

4. Sebuah limas segiempat beraturan , jika panjang rusuk tegak cm dan panjang diagonal sisi alas     berapakah volume limas tersebut ?

5. Suatu kolam renang dengan permukaannya berbentuk persegi panjang berukuran 18 m x 5 m Kedalaman sisi dangkalnya dan sisi dalamnya . Berapa volume air yang dibutuhkan untuk mengisi penuh kolam renang tersebut ?


Komentar

Postingan Populer