TRIPLE PHYTAGORAS
Nama Guru : Nadia Eka Putri, S.Pd
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII B
Pertemuan : Ke 2
Tanggal : 07 Februari 2024
Kode KD : 3.6.5 Menjelaskan dan membuktikan Teorema Phytagoras dan Tripel Phytagoras
Tujuan : Menentukan tiga bilangan yang merupakan Tripel Phytagoras secara teliti
Metode : Pendekatan Saintifik
Strategi : Diskusi, tanya jawab.
Apersepsi : Mengingat kembali dan menghubungkan kembali dkaitannya antara tripel phytagoras dengan teorema phytagoras
Materi:
Menemukan dan memeriksa Triple Phytagoras
c2= 252 = 625
a2 + b2 = 152 + 202
= 225 + 400
= 625
Sehingga c2= a2 + b2 . Jadi, ketiga bilangan membentuk tripel phytagoras dan memenuhi tripel phytagoras.
Evaluasi:
Latihan soal:
1. Manakah di antara kelompok tiga bilangan berikut yang merupakan tripel phytagoras!
a. 10, 12, 14
b. 7, 13, 11
c. 6, 2,5 ; 6,5
Kesimpuan: Tripel phytagoras digunakan untuk menemukan tiga kali lipat atau kelompok 3 suku yang memenuhi persamaan teorema phytagoras.
Komentar
Posting Komentar