TRIPLE PHYTAGORAS

 Nama Guru              : Nadia Eka Putri, S.Pd

Mata Pelajaran        : Matematika

Kelas                           : VIII C dan VIII B

Pertemuan               : Ke 2

Tanggal                      : 06 Februari 2024

Kode KD                    3.6.5 Menjelaskan dan membuktikan Teorema Phytagoras dan Tripel                                                            Phytagoras

 Tujuan                     : Menentukan tiga bilangan yang merupakan Tripel Phytagoras secara teliti

 Metode                     : Pendekatan Saintifik

 Strategi                    : Diskusi, tanya jawab.


Materi: 

Menemukan dan memeriksa Triple Phytagoras



    Panjang sisi-sisi dari segitiga siku-siku dalam tiga bilangan asli . nah tiga bilangan asli yang memenuhi persamaan pada teorema phytagoras disebut tripel phytagoras. 
        Kita menguji  tripel phytagoras dengan menguadrtakan panjang hipotenusa, yakni c2 , kemudian menghitung a2 + b2 . Jika kedua penghitungan tersebut memiliki nilai yang sama, maka ketiga bilangan tersebut adalah tripel phytagoras. 

Ci   Contoh Soal : Bilangan 3, 4, 5 membentuk tripel phytagoras karena 32 + 42 =25 dan  52= 25. Jika kita mengalikan ketiga bilangan tersebut dengan bilangan lain, tiga bilangan yang baru juga akan membentuk tripel phytagoras. Misalnya, jika kita mengalikan 3, 4, 5 dengan 5, kita mendapatkan 15, 20, dan 25, ketiga bilangan ini memnuhi teorema phytagoras.  

Pe Pembahasan: 

c2= 252 = 625

a2 + b2  = 152 + 202

              = 225 + 400

              = 625        


Sehingga c2= a2 + b2 . Jadi, ketiga bilangan membentuk tripel phytagoras dan memenuhi tripel phytagoras. 




Sumber: https://youtu.be/G7H9azIz8mQ?si=DgEvSa5sXnIw3Wv4

 

C




 

Komentar

Postingan Populer